Saturday, December 6, 2008

Punya Sobat Dominan????Gampang!!!

Punya Sobat dominan??? Gampang !!!!

Kita sering sebal sama sobat kita yang dominan kelakuannya. Gimana nggak sebal kalau punya sobat yang ingin selalu menjadi nomor satu. Mau jalan, atau nongkrong dimana, dian yang mutusin. Pas nomat bareng pun harus ngikutin film yang dia pilih. Terus kalau lagi ngobrol,,,dia sering mendominasi semua pembicaraan. Capek dech ngeladeninnya...

Emang sich susah punya teman yang hidupnya hanya terpusat pada dirinya sendiri. Kita sebagai orang terdekatnya sering merasa nggak dianggap. Padahal intinya pertemanan adalah saling membagi. Ada dari beberapa sifat dari sobat dominan yang perlu kamu waspadai supaya dia nggak keterusan karena bisa membuat pertemanan menjadi nggak asyik......

  • Sombong
Sifat ini memang terkadang muncul pada orang-orang yang dominan. Kalau sekali-kali bisa aja munculnya mungkin nggak terlalu bermasalah, Tapi kalau keseringan bisa membuat orang laen sebal juga. Apalagi biasanya sifat sombong ini membuat dia selalu memandang rendah orang lain. Wah, jangan sampai dech kita dipandang rendah sama sobat kita sendiri....

  • Merasa Paling Benar
Karena merasa dirinya paling benar, sobat kita ini nggak mau mendengarkan pendapat atau nasehat dari orang lain. Akibat menganggap semua pendapat orang lain itu salah, akhirnya dia menjadi orang yang tertutup dan nggak fleksibel terhadap perubahan. Bisa berbahaya kalau kita ketularan sifat jeleknya..
  • Suka memaksa
Segala keinginannya harus dipenuhi dan diikutin sama semua orang. Bahkan kalau misalnya ada orang yang melawan, pasti dia punya sejuta cara agar orang itu nurut sama dia. Agak seram juga sich, sebenarnya kalau sifat memaksa ini sampai kelewatan, dia jadi nggak jauh beda gengman di sekolahan.


Biar nggak bete terus........

sebenarnya sich ada untungnya juga punya sahabat dominan. Soalnya, tipe orang seperti ini biasanya punya rasa percaya diri cukup tinggi. Siapa tau rasa percaya diri kita ikut bertambah dengan menjadi sobatnya. Supaya kalau kita bisa temenan dengan nyaman, Ada beberapa cara yang dilakuin untuk menghadapinya:
  1. Cara yang paling efektif adalah bilang terus terang kalau dia agak terganggu sama sifatnya. Ajak sobat kita ngobrol tentang pentingnya menghargai pendapat orang lain. karena selain dia bisa mendpat banyak saran, orang lain juga senang kan kalau pendapatnya dihargai.
  2. Coba sesekali tolak kemauannya. kalau dia mulai ngajak kita jalan atau nongkrong ke tempat lain yang dia pilih, bilang aja kalau lagi nggak mood jalan ke sana atau kasih pilihan tempat lain yang lebih OK.
  3. Perlihatkan pada dia keahlian atau prestasi yang pernah kita raih. Bukan bermaksud nyombongin diri sendiri, tapi untuk memberikan bukti bahwa bukan cuman dia yang punya kehebatan..
  4. Pinjamkan dia buku atau film tentang kartun lucu yang bercerita tentang makna persahabatan seperti madagaskar atau ice age. Mungkin dengan begitu dia jadi sadar kalau persahabatan sejati itu adalah saling mengisi, bukannya mendominasi.

No comments: